Cara Membuat Pola Vektor Bertema Holiday di Adobe Illustrator

Indonesian (Bahasa Indonesia) translation by Kris S (you can also view the original English article)

Final product image
What You'll Be Creating

Kalian semua tahu bahwa sekarang adalah momen akhir tahun yang berhubungan dengan banyak hadiah. Seringkali kita harus membungkusnya, dan mencari kertas yang sempurna untuk acara tersebut tidaklah mudah. Di dalam tutorial ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat pola bikinan kalian sendiri, yang dapat digunakan sebagai kertas print untuk membungkus hadiah atau sebagai wallpaper perangkat.
Kalian akan mencoba membuat pola yang sederhana, maka ukuran artboard jangan terlalu besar. Buat dokumen baru 'New Document' (Control-N) dengan ukuran 300 x 300 px. Ukuran ini pas.
Create a new document
Buatlah sketsa dengan konten (isi) yang berhubungan dengan pesta atau perayaan. Gunakan warna abu-abu agak terang - ini akan mempermudah kita untuk men-trace kembali elemen-elemen tersebut. Usahakan sketsa kalian tetap sederhana dengan menggunakan beberapa grup objek saja. 
Jika kalian menggunakan drawing tablet untuk membuat sketsa, maka gunakanlahPaintbrush Tool (B).
Jika kalian menggunakan sketsa diluar Illustrator, maka lakukan metode import (File > Place).
Draw a sketch
Sekarang kalian bisa mulai men-trace elemen-elemen di dalam sketsa kalian. Dengan menggunakan Pen Tool (P), trace bagian besar terlebih dahulu dan kemudian trace bagian kecil. Gunakan outline berwarna hitam dan tidak ada fill (no fill). Tambahkan sedikit anchor points saja. Dengan demikian, garis akan terlihat bagus dan mulus.
Start tracing the sketch
Hapus sketsa kalian. Gambar yang sudah di-trace akan terlihat seperti ini.
Remove the sketch after tracing
Sekarang kita akan fokus ke gambar lain yang perlu di trace (jiplak). 
Saya anjurkan agar tidak men-trace sketsa kalian 100% sama persis, namun gunakanlah sedikit kebebasan.  Kita ingin sketsa kalian akurat, namun tidak ada salahnya jika anchor point yang kalian tentukan melebihi beberapa pixel point dari sketsa orisinil. Kalian bisa lihat dan membedakan bahwa saya melakukan hal tersebut untuk ikatan kado dibawah.
trace the rest of the objects
Sama halnya untuk text, ikuti sketsa kalian secara lepas. Hal ini akan memberikan sebuah efek kartun. 
Pay attention to the lettering
Usahakan hanya menggunakan beberapa anchor point saja. Hal ini akan membuat semuanya terlihat bagus dan mulus.
Try to have less anchor points
Trace seluruh objek yang ada di sketsa.  Ketika selesai, objek-objek yang kalian trace (jiplak) akan terlihat seperti ini.
Your image should look like this
Hapus sketsa. Sekarang objek kalian menjadi sebuah outline dan siap untuk kalian warnai. Mari kita lakukan!
Outlined preview
Saya memilih tujuh warna berbeda yang akan cocok untuk perihal pesta atau perayaan.  Kalian juga boleh mengganti warna-warna tersebut sesuai dengan pilihan kalian.
Select few colors
Warnailah objek tersebut satu per satu (jangan terburu-buru). Kalian dapat menggunakan Eyedropprer Tool (I) untuk mempermudah mewarnai.  GunakanSelection Tool (V), klik di shape (bentuk) yang kalian ingin warnai, kemudian pilihEyedropper Tool (I) dan klik warna yang kalian sukai untuk digunakan sebagai palet.
Use the Eyedropper Tool
Warnai dan grup (jadikan satu) objek-objek lainnya. Sekarang, illustrasi kalian akan terlihat seperti ini.
Color all the objects
Sekarang, kalian akan menyusun pola tersebut ke dalam artboard berukuran 300 x 300 px. Usahakan agar pola muat dan memenuhi dinding artboard.
Arrange your objects on the artboard
Biasanya, akan ada jenjang (ruang kosong) di antara pola di dalam desain tersebut. Namun, masalah ini ada jalan keluarnya. Sekarang mari kita gambar beberapa detil yang akan mengisi jenjang atau ruang kosong tersebut seperti: confetti, ribbon, bintang, hati dan apapun yg meriah!
Draw some details
Kita ulang lagi proses men-trace dan mewarnai seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Gunakan Pen Tool (P) untuk men-trace objek.
Trace the details
Gunakan Eyedropper Tool (I) untuk mewarnai beberapa shapes (bentuk) tersebut dengan cepat. Gunakan hanya beberapa warna saja.
Color the details
Sekarang, gunakan detil tersebut untuk mengisi ruang kosong di desain kalian.
Arrange the details to fill the gaps
Kalian sudah hampir selesai! Desain tersebut terlihat seimbang (rata di tiap sisi) dan penuh.
Mari lihat bagaimana desain tersebut akan terlihat jika kita gunakan sebagai pola! Pastikan panel Swatches sudah terbuka. Jika belum, maka klik Window > Swatches.
Pilih seluruh desain tersebut dengan menggunakan Selection Tool (V). Klik dan Seret (Klik-kiri-tahan dan klik-kiri-lepas) di dalam panel Swatches.
Drag and drop the pattern to the Swatches Panel
Pola tersebut akan terlihat di panel Swatches sebagai new swatch (swatch baru). Double click (klik dua kali) untuk mengecheck bagaimana pola tersebut akan terlihat dalam opsi 'tiled'.
Double click the swatch
Box dialog Pattern Options akan terbuka, dan kalian dapat melihat preview pola baru kalian. Jika kalian merasa perlu merubahnya, lakukanlah sekarang. Usahakan untuk menyusun objek-objek tersebut agar desain pola terlihat seimbang dan sempurna
Name the new pattern
Kalian juga dapat memberikan nama untuk pola kalian untuk mempermudah kinerja. Di dalam field nama (Name), ketik New Year's Pattern.
Untuk keluar dari mode Pattern, double click (klik dua kali) di kanvas kosong atau pencet tombol Escape.

Untuk melihat pola yang sesungguhnya, buatlah sebuah persegi panjang dengan menggunakan Rectangle Tool (M).Kemudian pilih pola dari panel Swatches.
Test the pattern
Selamat! Kalian baru saja membuat desain pola pesta yang keren yang dapat digunakan untuk berbagai hal seperti: wallpaper desktop atau telepon, sebuah print kertas bungkus atau juga kartu ucapan. Kalian bisa menggunakan product template jika ingin melihat tampilan preview untuk sebuah kado. Polamu, aturanmu!
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

selamat