RESENSI BUKU NOVEL, “BUMI” -TERE LIYE-







RESENSI BUKU NOVEL, “BUMI”
1.
Judul
BUMI
2.
Pengarang
Tere Liye
3.
Harga Buku
Rp.88.000,-
4.
Penerbit
PT.Gramedia Pustaka Utama,Jakarta
5.
Tahun Terbit
2014
6.
Jumlah Halaman
439 Halaman

SINOPSIS
Namaku Raib , usiaku 15 tahun,kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian,adik-adik kalian,tetangga kalian. Aku punya dua kucing ,namanya siputih dan sihitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru guru disekolahku seru. Teman temanku baik dan kompak.
Aku sama seperti remaja kebanyakan ,kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.
Namaku raib dan aku bisa menghilang.

#IsiResensi
Novel  Bumi Karya Tere Liye ini mengisahkan seorang anak perempuan yang berumur 15 tahun yang bernama Raib. Raib sejak kecil memiliki kelebihan yaitu dapat menghilang ketika dia menutup matanya. Ayah dan Ibunya tidak mengetahui kelebihan Raib ,mereka menganggap keanehan pada Raib adalah hal yang biasa.

Novel ini mengandung unsur fantasi  seperti novel harry  potter. Raib  tidak mengerti mengapa  dirinya dapat menghilang. Berawal hilangnya siHitam (kucing raib yang berwarna hitam) yang tiba-tiba menghilang. Dia berusaha mencari namun tidak menemukanya ternyata kucingnya dikirim  oleh  makhluk asing yang  bernama Tamus . Tamus adalah sosok jahat yang ingin menguasai   empat lapisan dunia yang berbeda. Raib dan kawannya sempat bertarung  dengan Tamus namun Raib dan kawannya lolos dari tamus.

Pada pertengahan cerita  diceritakan bumi memiliki empat dunia yaitu Dunia Bumi, Bulan,Bintang, dan Matahari. Raib  dan kawannya berusaha mencari jawaban atas hal yang aneh ini dengan bertualang kedunia bulan.Cerita ini berlanjut pada novel selanjutnya yang berjudul  “BULAN”.

#Kelebihan&Kekurangan
Novel ini sangat menarik karena dapat menarik pembaca dengan cerita fantasi yang bagus dan memiliki pesan-pesan yang terselubung .ada kelemahan Novel ini yaitu  menceritakan fantasi sehingga tidak dapat diterima logika dan  membuat pembaca menjadi bertanya-tanya .

#Pesan
Pesan yang kita dapat  ambil dari novel ini adalah setiap diri manusia memiliki kekuatan yang  menakjubkan dan tak terduga  . Selain itu persahabatan mereka yang saling menghargai   antara manusia yang memiliki karakter yang berbeda

#Manfaat
            Setelah membaca ini kita diajarkan  untuk menjalin  persahabatan dan kekompakan antara satu sama lain. Dan mengajarkan kita untuk mempunyai sifat pemberani dan pantang menyerah.

#NilaiYangTerkandung
            Tentang persahabatan ,Supranatural atau Fantasi.
Nilai social dan Pendidikan. Menjalin persahabatan ,dari yang tadinya bermusuhan menjadi persahabatan.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~BAHASA INDONESIA~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

selamat